Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Apa sih Gan Public Relation itu? 


Public Relation adalah sebuah devisi di dalam organisasi dan institusi yang merencanakan , mengkoordinasi berita atau opini public yang mengatas nama kan organisasi, institusi. Juga berperan sebagai pembuatan proggram / rencana dalam mengatasi masalah internal , maupun eksternal. PR juga memiliki fugsi penting menciptakan nama baik dalam institusi. Tidak hanya itu saja PR membuat relasi relasi kepada pihak stakeholder, maupun masyarakat.

Berikut ini definisi PR menurut para ahli

Defenisi J. C. Seidel “Public Relation adalah proses yang berkelanjutan  dari usaha manajemen untuk memperoleh jasa baik dan pengertian dari pada langgannya, pegawai-pegawainya, dan public pada umumnya, kedalam mengadakan analisa dan koreksi (perbaikan-perbaikan) terhadap diri sendiri, ke luar  mengadakan pernyataan yang berarti menguntungkan”


Defenisi W. Emerson Reck “Public Relation adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan jasa baik dari mereka, sedangkan pelaksanaan kebijaksanaan, pelayanan dan sikap itu adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya”. 


Defenisi Howard Bonham Public Relation adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperbesar kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi”. (Suhandang : 2004 : 44) 


Definisi Drs. Soleh Soemirat, M.S, Drs. Elvinaro Ardianto Public Relation adalah merupakan suatu usaha yang secara sadar memotivasi agar orang-orang terpengaruh, terutama melalui komunikasi agar timbul pikiran yang sehat terhadap suatu organisasi, memberi rasa hormat, mendukung dan bertahan dengan berbagai cobaan dan masalah. (Dasar-dasar Public relation, , M.Si, 2007, hal.13)


4 Model Public Relation Menurut (Grunig dan Hunt):

  1. Two way communication symetrical

Pihak instansi (Public Relations) tidak menutup diri untuk menerima pertanyaan maupun komplain dari publik. PR juga melakukan riset untuk kepentingan perusahan dan publik. Seperti contoh pada Perusahaan yang bekerja di bidang Jasa transportasi , Jasa pelayanan dan lain lain konsumen dan publik itu kerap kali kan menggunakan jasa tersebut dan jasa tersebut cukuplah berguna di balik jasanya tersebut pihak perusahaan siap untuk menerima komplain jika jasanya itu tidak sesuai dan standart (SOP)  yang di tetapkan oleh perusahaan penyedia jasa tersebut. Perusahaan juga melakukan riset proggram yang sudah berlaku pada masyarakat seperti contoh penyedia jassa JNE dan Pos apakah  pada proggram tersebut bisa memecahkan masalah masalah yang ada di masyarakat dan apakah proggram tersebut cukup efisien ? .

  1. Two way communication asymetrical

Pihak instansi (Public Relations) tidak menutup diri untuk menerima pertanyaan maupun komplain dari publik. Tapi pihak instansi (PR) tidak melakukan riset, sehingga tidak mementingkan kepentingan publik. Hanya mementingkan kepentingan instansi saja. Seperti contoh pada perusahaan Es krim Walls yang ingin mengadakan 10rb eskrim di bagikan secara geratis di tempat fasilitas publik yaitu bungkul surabaya dan pada proggram tersebut memang prusahaan ini mengadakan ini untuk mencapai cita"nya mendapatkan rekor muri tetapi itu tidak meriset terlebih dahulu bagaimana masyarakat yang datang dan berbondong bondong untuk mendapatkan es krim gratis tersebut . Bagaimana jika masyaarakat surabaya yang datang melebihi target tersebut ? Apakah tindak lanjuti jika melebihi target ? Apakah tempat tersebut layak untuk di datangi oleh masyarakat? Apakah tidak menimbulkan effect kerusakaan pada tempat layanan publik tersebut?. jika itu di pikirkan dan melakukan riset kemungkinan kecil terjadinya permasalahan tersebut akan dapat diminimalisir.

  1. One way communication asymetrical

Contohnya Adam Air, saat terjadi kecelakan yang mengemparkan masyarakat Indonesia dengan menghilangnya pesawat dalam kecelakaan tersebut. Pihak Adam air seakan cuci tangan dan saling lempar kesana-kemari akan tanggung jawabnya kepada penumpang. Seluruh kantor Adam air juga tutup. Sehingga masyarakat hanya menebak-nebak saja apa yang terjadi di dalam managemen Adam air, tidak ada komunikasi dua arah antara Adam air dan masyarakat. Adam air juga tidak berusaha untuk meningkatkan hubungannya dengan masyarakat dengan membangun citra yang baik demi kelangsungan hidup perusahanan.

  1. One way communication symetrical

Contohnya penyakit misteri di Magelang. Pemerintah memang menangapi penyakit misterius yang banyak menelan korban di daerah Magelang akan tetapi terlalu tergesa-gesa menanggapinya yang menyebutkan bahwa tempe gembus penyebabnya, tetapi hal itu dibantah oleh keluarga korban ataupun korban yang selamat. Pemerintah memang berupaya untuk meningkatakan hubungannya antara instansi dengan masyarakat agar pemerintah bisa membantu masyarakat untuk menemukan penyakit apa yang sebenarnya terjadi juga membantu menanganinya, tetapi respon dari masyarakat hingga kini tidak ditanggapi sehingga membuat komunkasi yang terjadi hanya satu arah.


Jadi, menurut saya Public Relation adalah sebuah profesi yang menjadi bagian dari sebuah institusi/perusahaan/organisasi/lembaga untuk melakukan komunikasi atau menjaga hubungan baik dengan publik, baik internal maupun eksternal demi memperoleh kepercayaan dari publik,serta membangun citra baik instansi tersebut. Dan mengatasi masalah masalah yang membawa nama instansi tersebut.  



Rifqitr
Rifqitr Menjadi manusia yang bermanfaat untuk sekitar

Posting Komentar untuk "Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli"

Berlangganan via Email